Cara Memilih Warna Foundation untuk Kulit Sawo Matang

by - March 06, 2018



My first post ever!! Aku mau bahas mendalam tentang video tentang cara memilih kulit sawo matang, karena sebagai orang yg punya kulit tan di Indonesia itu cukup tricky yah mencari warna foundation yang pas supaya ga abu-abu. Coba ngacung yang ngerasa sama :p

Normalnya permasalahan kita sebagai yang empunya kulit sawo matang itu, foundation kalo didiemin (oksidasi) malah jadi abu-abu, ga ngeblend sama warna kulit. Kok bisa?? Nahh itu dia aku bahas disini yaa.

Sebelum kita mulai, kulit itu ada undertonenya, yaitu :

- Warm/Yellow Undertone : untuk kulit asia, biasanya ditandai dengan kulit menghitam jika kena sinar matahari
- Neutral Undertone : setengah warm dan setengah cool undertone, biasanya kalau pakai tone complexion yang ke arah cool undertone itu masih bisa
- Cool/Pink Undertone : untuk kulit orang barat, ditandai dengan kulit memerah jika kena sinar matahari

Untuk singkatnya aku langsung praktekin di tangan aku supaya kalian bisa lihat langsung perbedannya


 Di atas keliatan kann bedanya?

- La Girl Yellow Corrector -> Warm
- Maybelline Fit Me Concealer 25 Medium Moyen -> Cool

Aku pribadi punya undertone kuning (a.k.a warm/yellow undertone) karena asli orang Indonesia XD jadi untuk complexion (foundation, concealer, powder) yang mengandung pink undertone pasti langsung terlihat perbedaannya. Kalau langsung aku pake di muka, pas oksidasi mukaku jadi abu-abu ga jelas gitu :( ga keliatan kayak kulit lah istilah kata. Masih ngebahas undertone, ini dia kalau disandingkan di kulit aku beberapa foundation drugstore


Detail :
Maybelline Fit Me (228 Soft Tan) -> Neutral undertone
NYX Stay Matte But Not Flat (Warm Beige) -> Yellow undertone
Revlon Colorstay 24 Hr Foundation -> Pink undertone



NYX Total Control Drop (Classic Tan) -> Neutral undertone
Make Over Ultra Matt Foundation (6 Beige Blast) -> Neutral undertone

Diantara semua, cuman NYX Stay Matte But Not Flat shade Warm Beige aja nih yang cocok kuning gitu. Pasti kalian ngiranya NYX Total Control Drop dan Make Over juga cocok ya? Nope gurll!!!

Kenapa ga cocok? Jadii gini, aku kan shooting pake kamera dan cahaya, terkadang cahaya lampu juga suka boongin, apalagi kamera. Jadi keliatannya aja cocok, kalau udah oksidasi akunya abu-abu :( 

Kalau kalian mau ngecek undertone itu jangan pake lampu di counter makeup langsung. Lemme tell you the secret : cahaya di area counter akan membuat kamu kelihatan lebih cantik. Ga percaya? Cobain deh foundation di kulit kamu pas di counter, abis itu kamu bilang aja sama Mba nya mau liat-liat, trus kamu bawa ke cahaya matahari. Pasti warnanya jadi agak beda :o

Another trick is to wait, tunggu dulu foundationnya oksidasi geng jadi kalian ga salah ambil warna foundation. Salah-salah malah jadi kegelapan khannn. Aku pernah iseng swatch foundationnya Estee Lauder yang Double Wear, baru didiemin berapa menit EHH OKSIDASI LEBIH GELAPP. Percayalah padaku :p

Next untuk shade nya sendiri, pilihlah warna yang sama seperti warna leher atau tangan. Pilih yang mana? Bebas! Balik lagi ke kalian mau ikut warna leher atau warna tangan. Karena aku hijab aku pilih ngikut warna tangan. The choice is up to you :D 

Gimana, udah kejawab belum gimana cara nemuin shade yang cocok buat kamu wahai para pemilik kulit sawo matang?? Feel free untuk komen dibawah kalo masih ga jelas yaahhh

Thank you for reading!

xoxo,
Dara







You May Also Like

0 comments